Potensi Wisata Alam Desa Surokonto Wetan

Curung Lanang: potensi wisata Kabupaten Kedal

 Terletak di desa surokonto wetan, kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal. Curung Lanang masih dalam wilayah dusun dadap ayam, dengan  ketinggian ± 15 meter, keadaan curug juga masih sangat alami dan jarang dikunjungi oleh banyak orang memberikan kesan yang alam yang sangat asri. Medan yang dilalui untuk menuju curug masih berupa jalan setapak yang belum dibersihkan dan belum diberikan pijakan merupakan bukti bahwa curug masih belum tersentuh dan terjamah oleh masyarakat hanya penduduk desa Surokonto wetan yang mengetahui.Bahkan tidak semua penduduk mengetahui tentang curug lanag di desa Surokonto wetan.   

Curung Lanang sendiri terdiri dari dua air terjun yang berada dibagian atas dan dibagian bawah, untuk curung yang berada pada bagian atas memiliki kolam yang cukup besar dan kolam yang ada juga cukup dalam jadi belum ada orang yang masuk untuk masuk kedalam kolam yang ada pada curug bagian atas.  kolam yang ada pada curug lanang bagian atas cukup dalam jadi belum ada orang yang masuk kedalam kolam. untuk lokasi yang dari curug sendiri dapat diakses melalui dua jalur jalur yang pertama dapat ditempuh dari dusun sekecer jalur tersebut lebih pendek dari jalur yang ditempuh dari dusun dadap ayam.Jalan yang kami lalui merupakan jalan dengan rute yang mendaki dengan jarak yang terbilang cukup jauh, karna lebih dekat dengan dusun dadap ayam.

 

 Curug lanang yang berada dibagian bawah dibandingkan dengan curug yang berada dibagian atas lebih kecil dan pendek  ukurannya. Kolam yang ada pada curug ini juga terbilang pendek dan tidak terlalu dalam karna itu lebih banyak orang yang sering berenang di kolam di curug bagian bawah, untuk ketinggian dari curug lanang yang ada pada bagian bawah ±5 meter. Curung lanang merupakan salah satu potensi alam yang berada di desa Surokonto Wetan, dapat menjadi refrensi pilihan bagi anda yang ingin mengexplore wisata alam di Kabupaten Kendal.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan